Catatan Pra Perkuliahan Pertemuan Kelima ICT dan Media Pembelajaran Sejarah

 Pengetahuan Awal

   Media pembelajaran adalah semua bentuk peralatan fisik yang didesain secara terencana untuk menyampaikan informasi dan membangun interaksi. Peralatan fisik yang dimaksud mencakup benda asli, bahan cetak, visual, audio, audio-visual, multimedia, dan web. Peralatan tersebut harus dirancang dan dikembangkan secara sengaja agar sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan tujuan pembelajaran. Peralatan tersebut harus dapat digunakan untuk menyam paikan informasi yang berisi pesan-pesan pembelajaran agar peserta didik dapat mengonstruksi pengetahuan dengan efektif dan efisien. Selain itu, interaksi antara pendidik dengan peserta didik, peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lain, serta antara pendidik, peserta didik dengan sumber belajar dapat terbangun dengan baik. 


Materi

   Tahap pembuatan media pembelajaran ini dibagi menjadi dua bagian yang pertama tahap persiapan dan yang kedua tahap pembuatan. Dalam tahap pembuatan salah satu metode yang digunakan adalah metode ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap analisis ini dilakukan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan. Tahap desain adalah dilakukannya rancangan awal berdasarkan hasil analisis. Kemudian dilakukan tahap pengembangan media pembelajaran, dan dilakukan juga tahap validasi untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang sudah dibuat. Tahap selanjutnya yaitu pelaksanaan yang bertujuan untuk mengetahui respon siswa dalam pemanfaatan media pembelajaran. Dan yang terakhir ialah tahap evaluasi yang dilakukan sebagai bahan revisi terakhir terhadap media pembelajaran yang dikembangkan.


Sumber Belajar

Sumber belajar saya dapatkan dari ebook, jurnal dan juga artikel.


Ajuan Pertanyaan/Pernyataan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEIJI RESTORATION

Catatan Pra Perkuliahan Pertemuan Ketujuh ICT dan Media Pembelajaran Sejarah

Produksi kapital